Kamis, 21 Maret 2013

Bagian-bagian Sepeda

Seorang Goweser tentunya harus mengetahui bagaian-bagian /komponen sepeda. Tetapi kita kadang dibuat bingung, karena bagian-baigan/kompenen sepeda banyak yang menggunakan istilah dengan bahasa inggris bukan menggunakan bahasa indonesia. Tentunya ini dapat menyulitkan apabila kita ingin mengganti bagian/komponen sepeda kita.

Berikut ini saya coba rangkumkan beberapa istilah bahasa inggris bagian-bagian / komponen sepeda ke bahasa indonesia (mohon maaf jika belum lengkap)  :




 1. Handlebar :  Stang Sepeda
 2. Grip : Pegangan pada stang sepeda
 3. Top Tube : Merupakan bagian dari frame sepeda bagian atas, Tips: Sesuaikan
      ukuran frame dengan tubuh anda
 4. Down Tube :  Merupakan bagian dari frame sepeda, melintang dari HeadSet
      terhubung langsung dengan top Tube Seat, Stay dan Rumah BB (buttom Bracket)
 5. Seat Stay : Merupakan bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat
      Stay biasanya berupa swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame
      menggunakan suspensi belakang.
 6. Shifter : Grupsets (komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk
     menggerakan FD (front derailleur) dan RD (rear derailleur),
 7. Headset : Tiang penahan bagian stang sepeda dari garpu sampai ke frame dan
     kemudi sepeda
 8. Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset
 9. V-Brake : Rem konvensional dengan karet, menjepit bagian velg untuk
      pengereman
10. Disk Brake Mechanic : Rem dengan rotor, menggunakan sistem kabel
11. Disk Brake Hydrolic : Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman di bandingkan rem
      mekanik. termasuk rem sepeda premium. memiliki kelebihan lebih ringan ketika
      melakukan pengereman pada jari tangan butuh perawatan, kebutuhan minyak rem
      berbeda antara minerel oil dan DOT
12. Rim : Velg roda, dibagi antara vel biasa dan tubeless
13. Hub : Hub, gear, bagian tengan roda yang menyambung ke badan sepeda dan
      garpu depan dibagi QR dan TA.QR (Quick Release) sebagai standar lama,
      TA (Thru Axle) adalah hub model baru yang lebih kuat dan aman
14. Spoke : Jari-jari Sepeda
15. Rigid Fork : Garpu depan tanpa pegas
16. Suspension Fork : Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi
      angin, oli, dan per dibagi dengan Front Suspension (garpu depan pegas) dan Rear
      Suspension shock (pegas suspension bagian belakang.
17. Crank : Gigi depan terhubung ke pedal sepeda dibagi menjadi single ring, double
      ring dan triple ring
18. Bottom Bracket : Silender untuk penahan gigi depan, jenis bearing pada sepeda
      baru. Sepeda lama hanya menggunakan ball bearing yang menyatu dengan crank
19. Chain : Rantai sepeda.tergantung ukuran dari speed, 7,8,9,10,atau 11. Rantai dan
      komponen untuk beda speed berbeda.
20.  Seatpost : Batang atau penahan sadel. Seatpost biasanya dinaikturunkan secara
      manual. Adjustable Seatpost adalalah jenis yang menggunakan pegas, bisa
     diturun naikan menggunakan tuas/diremote ke stang
21. Saddle : Sadel / tempat duduk sepeda
22. Cassette / Sprocket : Gigi belakang sepeda. Dibuat berbeda-beda antara 7, 8.9
      10 dan 11 speed. Jumlah speed adalah jumlah ring gigi yang ada
23. FD/RD/Rear Mechanic : Alat pemindah gigi bagian depan atau belakang
24. Hanger : Penghubung RD dengan bagian frame sepeda berguna untuk
      menggantung RD dibagian gigi belakang
25. Clamset :  Penahan seatpost, penjepit tiang bangku yang berguna untuk menaik
      dan menurunkan bangku
26. Wheelset : Roda sepeda termasuk hub, velg dan jari-jari. biasanya dirancang jadi
      satu unit dan dibuat pabrikan.
27. Tube/Tire : Ban luar
28. Inner Tube : Ban dalam
29. Tubeless : Ban sepeda tanpa ban dalam, memerlukan velg khusus tidak memiliki
      lubang  jari-jari
30. Quick Release (QR) : Kunci bagian roda, agar mudah dilepas dan dipasang
31.  Thru-Axle : Seperti Quick Release, tetapi berbentuk slot yang dimasukan ke
       garpu depan sepeda. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda
       depan tidak mudah lepas
32. Rotor : Besi cakram sepeda jenis disk brake. dibagi ukuran 6,7,8 inch. Semakin
      besar ukuran rotor, semakin kuat daya cengkramannya
33. Presta atau Schrader : Jenis pentil ban sepeda. Presta ukuran kecil. Schrader
      ukuran besar seperti pentil ban motor
34. Brake Pad : Kanvas rem, untuk rem jenis disk brake penjepit cakram
35. Rim Tape : Pelindung ban dalam. Seperti pita yang dililitkan ke velg, berguna untuk
      melindungi bagian ban dalam agar tidak tersobek  oleh lubang jari-jari
36. Pedals : Kayuhan, merupakan komponen untuk memutar Buttom Bracket dan
      crankset sehingga sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda)


3 komentar:

  1. Thx untuk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/velocipede-sepeda-jaman-dulu-dengan-satu-roda-besar-dan-roda-kecil/

    BalasHapus
  2. Thx untuk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/velocipede-sepeda-jaman-dulu-dengan-satu-roda-besar-dan-roda-kecil/

    BalasHapus
  3. Jadi bisa ngerjain tugas b.Indo;))

    BalasHapus